Imbas Komentar IShowSpeed, Malaysia Didesak Akui Gibran Saja Ketimbang Batik

PORTAL MEDAN. Polemik batik milik Indonesia atau Malaysia kini ramai diperbincangkan di media sosial. Hal ini bermula dari komentar Youtuber IShowSpeed yang mempertanyakan dari mana asal Batik.

Menurut penelurusan IShowSpeed, tertulis bahwa batik memang berasal dari Indonesia. Ditambah lagi, kepemilikan Indonesia atas batik ini didukung dengan disematkannya batik sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia oleh UNESCO.

Sayangnya, bantahan juga diberikan oleh seorang warganet Malaysia di X. Saat itu, pemilik akun @AzizulFarhan2 menyebutkan jika batik ada dua jenis, yaitu Batik Malaysia dan Batik Indonesia.

Menurut keterangannya, Batik Malaysia diidentikkan dengan motif bunga dan warna yang terang. Beda halnya Batik Indonesia yang disebut menggunakan warna tanah.

"Betul lah apa tour guide itu cakap. Batik Malaysia memang guna motif bunga, warna terang," tulis sang pengguna akun, dilansir oleh Suara.com pada Kamis (19/9/2024).

"Batik Indonesia guna warna tanah, lebih kepada tradisional Jawa macam Batik Motif Parang," tambahnya lagi.

Sang pemilik akun juga menyebutkan jika warganet Indonesia harusnya belajar lebih banyak soal batik, utamanya yang berasal dari Indonesia.

"Pelajari perbedannya, jangan bikin konflik," tegas pemilik akun yang sama.

Unggahan ini berakhir dengan komentar yang semakin sinis dari publik. Bahkan banyak yang meminta lebih baik Malaysia mengklaim Gibran Rakabuming yang tengah menjadi pusat masalah di Indonesia ketimbang batik.

Gibran Rakabuming Raka di acara televisi bertajuk Unlock (YouTube/Metro TV)Lihat gambar di aplikasi hemat data hingga 80%.

Gibran Rakabuming Raka di acara televisi bertajuk Unlock (YouTube/Metro TV)

"Klaim Gibran juga bang tuker sama cikguk melati," ujar warganet.

"Bang, mending klaim Fufufafa sekeluarga aja, Bang," tambah yang lain.

"Mau klaim wakil presiden kita juga enggak," desak warganet.*(SUARA.COM)


http://dlvr.it/TDXG12
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak