Ketua Forpwisu Dukung Kegiatan Surfing ke 3 di Nias Utara

   

Ketua Forum Pemerhati Wisata Nias Utara (Forpwisu), Asalsatu Zega,S.Pd.K.,M.Pd mengharapkan agar Kegiatan selancar. ( Foto dok. Asal Satu Zega )

Nias Utara||Portalmedan.com- Tinggal beberapa bulan lagi ke depan kegiatan ke 3 kalinya surfing internasional kembali di gelar di Turedawola Kecamatan Afulu. Ketua Forum Pemerhati Wisata Nias Utara (Forpwisu), Asalsatu Zega,S.Pd.K.,M.Pd mengharapkan agar Kegiatan selancar (Surfing)  yang sudah berlangsung selama 2 kali di lokasi yang sama dalam tahun 2022-2023,sudah memberikan dampak positif di tengah-tengah masyarakat.Untuk kegiatan surfing yang ke 3 kalinya itu diharapkan bisa lebih berdampak positif dibanding tahun-tahun sebelumnya,kata Asalsatu kepada media ini di Lotu.

"Iya ya.Dampak saat pelaksanaan kegiatan surfing di tahun 2022-2023 menurut saya dapat membuka kesempatan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk jualan di lokasi surfing dan juga di lokasi Sawa Kete sebagai tempat berenang pengunjung,"katanya.

Pada saat perhelatan yang dua kali terlaksana itu lanjut Asalsatu, terlihat lokasi Surfing sangat ramai dikunjungi oleh banyak orang, baik dari Kepulauan Nias dan juga dari luar Pulau Nias serta dapat diketahui oleh dunia internasional bahwa Nias Utara memiliki destinasi wisata Surfing di Turedawola Kecamatan Afulu.

“Melalui Surfing internasional yang kembali digelar pada bulan Juni 2024, diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara signifikan terutama warga setempat bahkan seluruh masyarakat Nias Utara serta dapat merangsang para investor untuk membangun destinasi wisata dan investasi di bumi Nias Utara,ujarnya Jum'at(5/4/2024).

Menurut Asalsatu bahwa fasilitas yang sudah dibangun menuju destinasi wisata Surfing di Turedawola yakni infrastruktur jalan  perlu pembenahan lagi supaya pengunjung lokasi merasa nyaman dan terkesan positif bagi mereka. Selain itu terlihat Gapura di pintu masuk  destinasi wisata surfing sudah dibangun sekalipun sangat sederhana,jelasnya.

Pada waktu yang berbeda, Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Nias Utara Terima Syukur Zebua, mengatakan bahwa di tahun 2024 menjadi  salah satu Event terbesar di Kabupaten Nias Utara adalah Surfing yang berstandar internasional. Pelaksanaan tahun ini adalah yang ke tiga,  dan pada tahun lalu kegiatan ini sudah berjalan dengan baik,katanya.

Dijelaskan Terima Syukur, untuk tahun 2024 kegiatan surfing sama dengan tahun sebelumnya Pemerintah Kabupaten Nias Utara akan  bekerjasama dengan PSOI (Persatuan Selancar Ombak Indonesia) dengan  Peserta yang mengikuti adalah para Peselancar dunia dan juga Peselancar Nasional,tambahnya.

 “Sebelum hari H, Panitia akan membenahi lokasi surfing termasuk  homestay, termasuk jaringan listrik PLN, Telkomsel dan juga tempat UMKM. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan destinasi wisata di Kabupaten Nias Utara,”ujar, Terima Syukur.

Di akhir penjelasan Terima Syukur, dia mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Nias Utara agar mendukung dan mensukseskan  kegiatan surfing tahun ini  di Kabupaten Nias Utara sehingga dapat di kenal di seluruh dunia dan tentu sektor Surfing yang berstandar internasional ini akan meningkatkan ekonomi masyarakat dan sekitarnya,tututnya.

(AsatuZg)

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak