Gaduh Soal Jenjang Pendidikan Gibran Rakabuming, Kemendikbud Beri Penjelasan

PORTAL MEDAN. Latar belakang pendidikan Gibran Rakabuming Raka, calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto menjadi sorotan belakangan. Putra pertama Presiden Joko Widodo itu diisukan hanya menyelesaikan pendidikan setingkat SMA.
Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nizam memberikan keterangan mengenai hal itu. Menurut dia, Gibran mengantongi gelar Bachelor of Science dari University of Bradford, Singapura.
Hal ini tertera dalam Keputusan Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan tentang Hasil Penilaian Kesetaraan Ijazah Lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri Atas Nama Gibran Rakabuming Raka. Surat dengan nomor 2296/Belmawa/Kep/IJLN/2019 itu menyatakan, ijazah atas nama Gibran Rakabuming Raka dari University of Bradford telah disetarakan dengan Sarjana.
Lembar keputusan diteken oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Paristiyanti Nurwardani pada 8 Agustus 2019 lalu. Melalui keputusan ini, diketahui Gibran menamatkan studi di bidang Marketing.
Ijazahnya diterbitkan pada tanggal 14 November 2010 di Singapura. "Bachelor-nya dari Singapura. Dari penyetaraan tersebut, Mas Gibran sarjana dari Singapura," kata Nizam kepada Tempo pada Sabtu, 18 November 2023.
Viral surat keterangan pendidikan Gibran
Di media sosial sebelumnya ramai mempertanyakan perihal jenjang pendidikan Gibran. Ditambah lagi dengan potongan foto surat penyetaraan pendidikan Gibran itu setingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Akhirnya, banyak warganet yang meragukan perihal riwayat kuliah Gibran di Australia. Tak sedikit yang berasumsi bahwa Gibran hanya seorang lulusan SMK.
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah pada tahun 2019 mengeluarkan surat bernomor 9149/D.DI/KS/2019. Surat tersebut menerangkan bahwa Gibran telah menyelesaikan kelas 12 di University of Technology Sydney (UTS) Insearch di Sydney, Australia pada tahun 2006. UTS Insearch merupakan institusi pendidikan yang menawarkan program jalur lanjutan atau persiapan ke UTS. 
Surat keterangan tersebut menyatakan Gibran memiliki pengetahuan setara tamat SMK Peminatan Akuntansi dan Keuangan di Indonesia. Surat keterangan ini diteken oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Sutanto pada 6 Agustus 2019. (tempo.co)


http://dlvr.it/Sz15T5
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak