Pengelola TPU Tegaskan Makam Vanessa Angel Tak Bisa Dipindahkan. Ini Sebabnya


PORTAL MEDAN. Diketahui, ayah Vanessa Angel, Doddy Sudrajat masih bersikeras ingin memindahkan makam mendiang putrinya dari TPU Islam Malaka ke TPU Karet Bivak.  Rencana Doddy Sudrajat yang bersikeras untuk menumpuk jenazah Vanessa Angel dengan makam sang ibunda tampaknya bertentangan dengan peraturan yang berlaku.  Kepala Satuan Pelaksana TPU Zona 1, Rizky Setyadi menegaskan bahwa pemindahan makam Vanessa Angel tidak bisa dilakukan karena makam baru berusia 40 hari.  Hal itu disampaikan dalam video yang diunggah di kanal YouTube Intens Investigasi, Kamis (16/12/2021).

"Kalau baru 40 hari ya belum bisa karena itu di saat lagi pembusukan," kata Rizky. "Setahu saya 40 hari ke atas itu lagi pembusukan," tambahnya. Rizky melanjutkan, jenazah Vanessa baru bisa dipindahkan setelah tiga tahun dan paling cepat satu tahun.  Sementara untuk makam berusia satu tahun bisa dilakukan pemindahan jika ada kebutuhan mendesak, seperti pemeriksaan forensik.  "Paling cepat satu tahunan lebih, cuma harus tiga tahun. Kalau satu tahun untuk kebutuhan forensik," jelas Rizky Setyadi. Selain itu, menurut Rizky, jenazah Vanessa tidak lazim dipindahkan di usia 40 hari.  "Kayaknya juga nggak lazim 40 hari langsung diangkat, kalau mau dua tahun atau tiga tahun itu kan udah tinggal tulang," ucapnya.

Cari Waktu yang Tepat Ramai diperbincangkan soal rencana pemindahan makam Vanessa Angel yang digagas oleh Doddy Sudrajat.  Doddy Sudrajat rupanya tidak main-main terkait keinginannya memindahkan makam mendiang putrinya.  Dalam penjelasannya, Doddy Sudrajat memastikan bahwa rencananya tersebut tetap akan dilakukan meski menuai kritikan dari publik.  Hal itu disampaikan dalam video yang diunggah di kanal YouTube Intens Investigasi, Selasa (12/12/2021).  Namun begitu, Doddy mengaku masih mencari waktu yang tepat untuk bisa memindahkan makam Vanessa Angel.  "Pemindahan makam sudah pasti." "Tapi kita akan mencari waktu yang tepat," terang Doddy Sudrajat. "Karena dari keluarga almarhum istri saya jauh di Surabaya." "Jadi kita harus cari waktu yang tepat," paparnya. Tak sedikit pihak yang tidak setuju dengan rencana Doddy Sudrajat, termasuk keluarga Bibi Ardiansyah, suami Vanessa Angel.  Akan tetapi, Doddy sama sekali tak mau ambil pusing.  Ia juga merasa tak perlu meminta izin kepada keluarga Bibi Ardiansyah.

"Saya rasa mereka udah dengar. Ya hak mereka (kalau tidak setuju)," ucap Doddy. Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah diketahui meninggal dunia pada Kamis (4/11/2021).  Keduanya meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan tunggal di Tol Jombang arah Surabaya, Jawa Timur.  Seperti yang diketahui, mobil Pajero Sport warna putih yang ditumpangi Vanessa dan Bibi mengalami kecelakaan di Tol Jombang arah Surabaya KM 672.  Akibat kecelakaan ini, Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah langsung tewas seketika di lokasi kejadian.  Sementara itu, tiga penumpang lainnya yakni sopir, pembantu, anak Vanessa Angel selamat dan mengalami luka.  Keluarga Bibi Tak Setuju Di sisi lain, rencana pemindahan makam Vanessa Angel mendapat penentangan dari banyak pihak, tak terkecuali keluarga Bibi Ardiansyah.  Ayah Bibi Ardiansyah, Faisal mengaku tak setuju jika makam menantunya itu dipindahkan.  Ketidaksetujuan Faisal ini ia ungkapkan dalam video yang dapat dilihat di kanal YouTube Cumicumi, Kamis (9/12/2021).  Faisal meminta rencana pemindahan makam Vanessa Angel itu harus dipikirkan ulang dengan matang.

Hingga kini, kata Faisal, ayah Vanessa Angel belum membicarakan hal tersebut kepadanya.  “Ya kalo masalah pemakaman itu hanya sebagai berita bagi saya." "Artinya bapaknya Vanes tidak ada ngomong sama saya,” kata Faisal dikutip YouTube Cumicumi, Sabtu (11/12/2021) Ayah Bibi ini pun mengaku tidak setuju dengan rencana Doddy Sudrajat ingin memindahkan makam menantunya.  “Bagi saya sih memang saya kurang setuju." "Namun demikian tentu ada aturan hukum yang bisa saya bertindak, itu harus saya pelajari dulu,” ujarnya. Namun, Faisal mengatakan tidak dapat berbuat banyak lantaran itu menjadi hak Doddy selaku ayah dari Vanessa.  “Saya nggak setuju. Tapi itu kan anak dia. Saya belum tahu langkah apa yang harus saya ambil,” ucapnya. Ayah empat anak ini menyebut, seharusnya orang yang bisa menentukan di mana Vanessa harus dimakamkan adalah cucunya, Gala Sky.  “Kalau menurut saya sih Gala yang lebih menentukan, apakah mamanya harus dikuburkan di mana." "Gala yang berhak menurut saya. Namun Gala kan belum bisa berbuat apa-apa sekarang,” ungkapnya. Menurut Faisal, mendiang menantunya itu sudah tenang bersama anaknya.  Di mana keduanya dimakamkan dalam satu liang lahat.  “Karena bagi saya sendiri, mereka berdua (Vanessa dan Bibi) sudah aman, sudah tenang, dan sudah damai di sana,” ucapnya. Faisal justru menyarankan kepada Doddy Sudrajat untuk bersama-sama membaguskan makam Vanessa dan Bibi.  “Tinggal kita baguskan saja kuburan itu,” ujarnya. Tak hanya itu, Faisal menginginkan saat ini lebih baik fokus kepada perkembangan cucunya.  “Tinggal kita pikirkan cucu kita ini, agar tidak terganggu perkembangannya,” ucapnya. Faisal pun menginginkan segala hal menyangkut mendiang Vanessa Angel dan anaknya untuk dibicarakan bersama-sama.

“Saya maunya kita saling memberikan masukan, saya dan mas Doddy,” katanya lagi. Faisal pun sangat berharap rencana Doddy Sudrajat untuk memindahkan makam Vanessa Angel itu tidak terjadi.  Ia pun tak mau, nanti saat Gala Sky sudah besar menanyakan letak makam mendiang ibunya.  “Mudah-mudahan hal itu tidak terjadi. Mudah-mudahan pak Doddy nya bisa memikirkan lebih jauh lagi." “Agar jangan nanti anaknya si Gala sudah besar makam mamanya mana, ntar dipindahin lagi ke situ, ntar repot lagi,” harapnya. Selain itu, Faisal menyebut istrinya selalu berkunjung ke makam anak dan menantunya yang tak terlalu jauh dari kediamannya.  “Alhamdulillah sekarang makam di situ, saya istri saya selalu ke makam itu baca yasin di sana,” ungkapnya. Artikel ini sebagian telah tayang di Tribunnews.com
http://dlvr.it/SFZVFZ
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak